Contact Center Tuna Wicara

12 11 2017

Apakah anda pernah membayangkan jika seorang yang tidak bisa bicara mengalami kesulitan ? Kepada siapa ia harus meminta bantuan ? Dengan keterbatasan komunikasi yang mereka miliki, maka hanya orang tertentu yang mengerti bahasa isyarat yang mereka kuasai.

Dalam kunjungan ke Thailand, kami di berikan kesempatan melihat lebih dekat upaya yang dilakukan pemerintah untuk membantu penyandang cacat ini. Melalui yayasan, pemerintah memberikan bantuan untuk menyediakan contact center layanan tuna wicara. Layanan ini dikelola oleh TTRS (Thai Telecommunication Relay Service), yang juga mendapatkan dukungan dari Universal Fondation for Person with Disabilities.

Di berbagai tempat disediakan akses untuk tuna wicara dapat menghubungi contact center ini. Tentunya bukan voice call, akan tetapi menggunakan video call. Dengan demikian petugas contact center dapat menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan mereka.

Jika pelanggan tersebut menginginkan pelayanan seperti memesan tiket pesawat atau pesan pizza atau berbagai kebutuhan lainnya, maka contact center akan menjadi fasilitator. Contact center akan menghubungi layanan yang diinginkan dan agent akan berkomunikasi secara normal via telepon dan sekaligus menggunakan bahasa isyarat kepada pelanggan. Jadi semacam call conference, dimana 3 pihak berkomunikasi dengan media yang berbeda.

Sumber pendanaan mereka tidak hanya dari pemerintah, mereka juga berusaha untuk mendapatkan donasi melalui berbagai kegiatan yang dilakukan. Pengembangan contact center mereka terus lakukan, seiring dengan ketersediaan anggaran yang mereka dapatkan.

Mereka juga mengajak peserta untuk membangun hal serupa di negara masing-masing. Berbagai peserta dari berbagai negara cukup tertarik dengan ide yang dilakukan dan terkesan dengan upaya yang telah dilakukan. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: