Pasar Gembrong

14 06 2017


Pasar gembrong merupakan pasar yang terkenal dengan penjualan mainan. Berbagai macam mainan tersedia di kawasan ini. Namun kali ini saya tidak akan membahas mengenai aktivitas di pasar tersebut. Yang menarik justru kemacetan yang setiap hari melewati pasar ini.

Penyebabnya bukan karena aktivitas pasar yang ramai, namun kemacetan yang rutin terjadi karena adanya 3 flyover dan 1 terowongan yang dekat dengan kawasan ini. Jika anda menyusuri BKT ke arah kuningan di pagi hari, maka anda akan berhadapan dengan kemacetan mulai dari pasar gembrong.

Sebaliknya jika anda menyusuri jalan Abdullah Syafeei dari kuningan ke arah duren sawit atau pondok kopi, maka kemacetan akan terasa dari kawasan kota kasablanka sampai dengan pasar gembrong. Biasanya ini terjadi pada sore hari, dimana banyak pengguna kendaraan menuju kawasan perumahan di wilayah timur Jakarta.

Dengan adanya 3 flyover di kawasan ini, menyebabkan terjadinya bottle-neck yang beruntun. Apalagi sejak ditutupnya jalur penyebarangan di stasiun kereta api tebet, sehingga mayoritas pengguna kendaraan harus menggunakan flyover tebet. Akibatnya terjadi perebutan 2 jalur yang ada dari beberapa pengguna jalan dari arah kampung melayu dan fly over kampung melayu atau pasar gembrong.

Saling berebut antara pengguna mobil dan motor menyebabkan pengendara memperlambat kendaraan. Dampaknya akan sangat terasa bagi pengendara yang harus menempuh jarak yang pendek tersebut dalam waktu antara 45-60 menit, bahkan lebih. Bisa dibayangkan berapa banyak energi dan waktu yang terbuang di jalur tersebut.


Sebenarnya jika pengendara teratur dan bergantian kemungkinan bisa lebih cepat. Namun seakan pengendara tidak mau saling mengalah. Bahkan saling berebut untuk mengisi ruang kosong yang tersedia, walaupun hanya beberapa cm akan diisi oleh sepeda motor.

Sebenarnya jika pengendara teratur dan bergantian kemungkinan bisa lebih cepat. 

Kondisi kemacetan ini terjadi tidak hanya di flyover Tebet, akan tetapi juga terjadi sebelum terowongan pasar gembrong dan fly over kampung melayu. Bagi pengendara yang rutin melewati jalur ini akan terbiasa merasakan kemacetan di flyover dan terowongan tersebut.

Memperhatikan dari kondisi yang terjadi pada jalur ini, seakan tidak ada solusi yang tepat sampai dengan dibukanya jalur di stasiun Tebet. Namun ini juga mungkin tidak akan terjadi, karena jalur stasiun Tebet seperti sudah ditutup secara tetap.

Untuk menghindari jalur ini beberapa pilihan yang memungkinkan yaitu melalui jalur Cawang ke Jalan MT Haryono menuju Gatot Subroto atau Pancoran. Bisa juga melalui jalur stasiun Jatinegara menuju jalur Jalan jatinegara Barat menuju Matraman.

Ada kalanya beberapa polisi bertugas mengatur lalu lintas jalur ini, namun tidak bisa melakukan banyak hal. Padatnya kendaraan menyebabkan polisi seakan tidak berdaya dengan kondisi tersebut. Jadi Polisi yang bertugas hanya mengawasi saja untuk mengantisipasi kemacetan yang lebih besar.

Berbagai lokasi di Jakarta juga mengalami hal yang sama akibat pembangunan jalan atau sarana transportasi. Berharap pembangunan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, sehingga pengorbanan yang dihadapi berbagai pihak dapat segera dirasakan sebagai bentuk perbaikan.

Berharap pembangunan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, sehingga pengorbanan yang dihadapi berbagai pihak dapat segera dirasakan sebagai bentuk perbaikan.

Sebagai kota yang terus bertumbuh, Jakarta akan berhadapan dengan kondisi perbaikan jalan yang terus terjadi. Tak sabar rasanya melihat hasil dari pembangunan saat ini. Bagaimanapun sudah lama Jakarta tidak merasakan pembangunan yang sangat masif. Dampaknya banyak yang terganggu akibat perubahan yang drastis atas terhambatnya berbagai jalur. Secara positif kita tunggu saja hasilnya. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: