Siapkah Anda Melayani ?

9 04 2017

Apakah anda pernah menghidangkan mie instan buat seseorang, atau memberikan tempat duduk, atau sekedar memberikan petunjuk jalan? Semua itu adalah bentuk pelayanan kepada orang lain. Memberikan solusi atas permasalahan atau meringankan beban orang lain. Pemberian tersebut, bisa karena orang tersebut meminta ataupun tidak.

Sekecil apapun pelayanan akan membutuhkan pengorbanan, baik berupa uang, tenaga atau pikiran. Pada saat anda meminjamkan ballpoint bagi yang sedang ingin menulis, maka anda akan butuh uang untuk membeli ballpoint. Pada saat anda membantu mengangkat barang belanjaan, maka akan membutuhkan tenaga. Begitu juga pada saat anda diminta pendapat atau mendengarkan keluh kesah orang lain, anda akan membutuhkan pikiran dan meluangkan waktu.
Memberikan pelayanan membutuhkan motivasi bagi seseorang untuk repot dan melayani orang lain. Ada kalanya kita hanya perlu menggunakan kelebihan tenaga yang tidak terpakai. Dilain waktu kita bisa menggunakan barang yang menganggur, tetapi sangat dibutuhkan orang lain. Daripada terbuang percuma pikiran yang melayang-layang entah kemana, maka ada baiknya berbagi pengetahuan dan mengajarkan sesuatu bagi orang lain. Bisa berbagi lewat tulisan atau dengan mengajar.

Memberikan pelayanan bisa karena kita menyukai melayani orang lain, atau bisa juga karena kita terpaksa menjalankan sesuai tuntutan pekerjaan. Betapa banyak mereka yang duduk di meja kerjanya, hanya karena terpaksa dan akhirnya hanya mendapatkan gaji bulanan sebagai imbalannya.

Sebaliknya banyak juga yang punya kesempatan melayani orang lain, melakukannya dengan suka cita. Yang didapatkan tidak hanya uang, sekaligus mendapatkan kegembiraan telah bermanfaat bagi orang lain. Yang biasanya berdampak pada banyak aspek kehidupannya. Suatu proses untuk berkorban bagi orang lain dan mendapatkan manfaat bagi kebahagian diri sendiri.

Setiap orang tentunya punya kesempatan untuk melayani, khususnya bagi customer service atau agent contact center punya kesempatan lebih. Mereka berhadapan atau menerima telepon dengan lebih banyak pelanggan setiap hari. Bahkan kesempatan itu bertambah seiring banyaknya pelanggan yang datang dengan berbagai masalah yang harus segera diselesaikan. Tentunya tugas customer service dan agent untuk memberikan solusi yang baik dan tepat.

Berbahagialah mereka yang bisa menjadi solusi bagi orang lain, sekaligus memberikan peranan anda bagi pertumbuhan bisnis perusahaan. Dalam peranannya menjalankan tugas, agent tetap dapat mengabdi, sekaligus menabung kebaikan kepada sesama. Seperti tugas seorang guru mengajar muridnya, dokter merawat pasiennya, dan berbagai tugas yang menuntut berinteraksi dengan orang lain.
Diantara banyak permasalahan yg dialami oleh agent dalam kehidupannya, baik persoalan keuangan, keluarga, dan masalah pribadi lainnya. Apa yang dapat memotivasi agent untuk terus berbuat kebaikan dan menjadi solusi bagi orang lain? Tentunya keinginan untuk terus belajar, mempelajari ilmu yang baru, kesempatan untuk menerapkan pengetahuan, meningkatkan kemampuan komunikasi dan yang penting bermanfaat bagi sesama.

Bisa dimaklumi, beban sebagai garda depan pelayanan menuntut agent harus mempelajari berbagai hal mengenai perusahaan atau organisasi tempatnya bekerja. Setiap ada produk baru, kebijakan baru atau permasalahan baru, mereka menjadi pusat perhatian pelanggan. Mereka akan menjadi titik yang paling mudah dijangkau pelanggan, baik melalui telepon, email, atau social media. Bahkan ada kalanya agent harus proaktif mensosialisasikan suatu informasi atau kebijakan.

Semakin banyak agent-agent yang melayani dan berbuat baik bagi sesama, maka akan berdampak pada perbaikan karakter bangsa. Yang selalu mengedepankan keramahan khas Indonesia dan semangat gotong royong dalam melakukan perbaikan. Berbuat baiklah bagi sesama, tidak hanya dalam melaksanakan tugas. Namun laksanakan sebagai kesempatan untuk menunjukkan peranan kita sebagai insan yang saling membutuhkan.

Nah, sudah siapkah anda melayani orang lain? Segera memulai dengan hal yang kecil, memberikan sesuatu, walaupun hanya dengan sebuah senyuman. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: