Sellei MalusaE

9 04 2017

Barang-barang tertentu mempunyai masa pakai yang sudah ditentukan penjualnya, maka mereka menetapkan masa garansi. Ada juga barang tertentu, karena selera kita berubah, maka harus diganti. Bisa juga karena musimnya sudah berganti atau tren yang berubah. Ada juga karena kita bosan memakainya, maka perlu juga diganti.

Begitulah barang elektronik yang kita gunakan punya masa kadaluarsa dan akan rusak serta membebani biaya pemeliharaan serta listrik yang lebih besar. Pakaian atau sepatu yang terlalu sering dipakai, maka cepat malusa (kelihatan lama) atau cepat rusak. Batik yang sering dipakai akan kelihatan lama atau terkesan tidak pernah diganti. Bahkan seragam kantor yang sama, perlu diganti (Sellei). Jadi bersiaplah membeli pakaian yang baru.

Namun tumpukkan pakaian atau sepatu menyebabkan lemari menjadi penuh. Untuk itu perlu dibuang atau diberikan kepada orang lain. Bagi orang lain barang lama tersebut bisa menjadi baru dan tentunya lebih bermanfaat. Walaupun terkadang membagi baju atau celana dengan orang lain terasa kurang berkenan. Namun begitulah siklusnya, pada saatnya barang menjadi malusa dan harus diganti (sellei).

Begitulah pesan bahasa bugis (Sellei MalusaE), bahwa kita harus mengganti jika sudah kadaluarsa dan dengan yang baru kita mendapatkan semangat untuk lebih menikmatinya.

Mammuarega Na Masagena Ri Seseta. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: