Mappalabe Cinna

9 04 2017

Jika anda datang ke restoran mewah, biasanya sajiannya tidak banyak. Kenapa ? karena hanya ingin memenuhi selera dan keinginan anda. Bahkan restoran tertentu hanya punya beberapa menu saja, supaya tidak pusing memilihnya.

Intinya, makanan yang disajikan bukan buat bikin kenyang, karena dampaknya kurang baik bagi kesehatan dan kantong. He he he … begitulah, makanan di restoran mewah hanya mappalabe cinna (memenuhi keinginan), tak perlu banyak. Yang penting sudah dicoba, cukuplah.

Kalau mau makan yang banyak bisa di rumah makan padang atau warung tegal. Mungkin itu sebabnya orang padang tidak menyebutnya restoran tapi rumah makan, arti tempat makan supaya kenyang. Bagaimana dengan warung tegal, yah namanya juga warung.

Istilah bugis mappalabe cinna juga bisa untuk hal-hal lain, selain dari makanan. Misalnya anda ingin jalan-jalan ke suatu tempat di dalam atau luar negeri, kalau sebentar bisa dinikmati. Jika anda tinggal lebih lama, pastinya akan kangen kampung halaman. Begitulah, kita terkadang menginginkan sesuatu hanya memenuhi hasrat, bukan karena kebutuhan.

Begitu juga jika belanja atau datang ke suatu pusat perbelanjaan, ada kalanya dimanfaatkan oleh penjual. Ada barang-barang tertentu yang dijual hanya karena ingin memancing keinginan pembeli. Bahkan ada kalanya kita sebagai pembeli, cukup melihat-lihat saja, sudah cukup. Jikapun kita beli sesuatu, cukup beli yang agak murah dan selanjutnya kita merasa puas.

Sekarang banyak makanan tertentu yang dibuat dengan wangi khusus, sehingga membangkitkan selera untuk membelinya. Antrian panjang bisa terjadi, hanya karena ingin mencoba makanan itu. Jika sudah mencobanya, rasanya sama saja. Bahkan tidak berminat lagi. Banyak makanan yang seperti ini biasanya dijual di lorong-lorong pusat perbelanjaan. Yang berbelanja hanya iseng atau sekedar ingin coba.

Semua itu ada proses untuk mappalabe cinna. Semoga berkenan adanya. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: