Melawan Hoax

8 01 2017


Beberapa hari terakhir berbagai perbincangan mengenai hoax dibicarakan dalam forum informal maupun formal. Bahkan pemerintah juga sudah melakukan upaya untuk mensosialisasikan perang terhadap hoax. Apa sebenarnya hoax dan mengapa harus menjadi musuh bersama ?

Dalam definisinya HOAX disebut sebagai sebuah pemberitaan palsu yang dibuat untuk mengakali atau menipu sehingga pembaca atau pendengar mempercayai sesuatu yang diberitakan. Jadi Hoax merupakan satu upaya menipu, membohongi atau memfitnah yang disebarkan dengan media komunikasi. Tentunya upaya berita bohong tersebut digunakan untuk mendapatkan manfaat tertentu. Berita Hoax bisa digunakan untuk kepentingan ekonomi, sosial, politik, keamanan atau budaya. Merusak dengan mendorong opini orang banyak, sehingga terjadi pertentangan yang membuat kondisi yang tidak nyaman.

Dengan demikian ada seseorang atau kelompok tertentu yang memulai menyebarkan sesuatu dengan harapan mendapatkan manfaat tertentu. Berita tersebut kemudian disebarkan melalui media sosial, baik berupa video, gambar atau tulisan. Bahkan untuk meyakinkan dilengkapi dengan gambar atau video yang diedit sedemikian rupa, sehingga penerima berita yakin bahwa berita itu benar. Ada kalanya beritanya berbeda dengan judulnya, dengan membuat judul yang heboh. Setelah membaca isinya, akhirnya kita kecewa, karena tidak sesuai.

Upaya yang dilakukan bisa dengan perencanaan yang terstruktur dan didukung oleh pengikutnya. Berita yang dibuat kemudian akan tersebar kepada pengikutnya, dan kemudian disebarkan oleh pengikutnya, sehingga semakin banyak yang menerima. Pengikutnya bisa berupa rekan, kenalan, saudara dan teman di media sosial atau bahkan hanya menjadi anggota suatu komunitas atau group diskusi.

Berita akan tersebar, bahkan tanpa diketahui siapa yang memulainya. Setiap pembaca atau pemirsa yang menerima, bahkan ada yang menambah-nambahkan. Bisa jadi berita awal yang dibuat menjadi bias dengan berbagai pandangan yang menyebarkannya. Dengan jaringan pertemanan yang dianggap dipercayai, akhirnya satu dengan lainnya menyebarkan.

Bahkan tanpa membaca detail isinya, kita sering meneruskan suatu berita. Apalagi jika tulisannya atau videonya panjang, seringkali hanya membaca judul atau bagian awal. Setelah itu, karena bagian awal dianggap penting akhirnya disebarkan. Pada kondisi ini ada kalanya seseorang menyebarkan suatu berita tanpa mengerti tujuan dari berita itu disebarkan. Dalam kondisi ini, tidak ada proses pemilahan, yang ada hanya keinginan atau nafsu untuk menyebarkan.

Padahal ada pedoman yang harus jadi perhatian kita dalam menyampaikan informasi yaitu benar, baik dan bermanfaat. Pertama yakinkan bahwa informasi tersebut benar, dengan sumber yang terpercaya dan dapat diklarifikasi kebenarannya. Yang kedua yakinkan bahwa informasi itu baik, artinya harus dipahami bahwa informasi tersebut akan baik, bukan menyebabkan kebencian, kemarahan, dendam atau permusuhan. Yang ketiga yakinkan bahwa informasi itu bermanfaat dan dapat digunakan seseorang untuk melakukan tindakan yang bermanfaat.

Dengan menjaga diri untuk tetap konsisten menuliskan atau menyebarkan informasi yang sifatnya benar, baik dan bermanfaat, akan memperkaya pengetahuan kita. Sebaliknya informasi bohong dan menyebarkan kebencian akan membuat emosi yang sulit dikendalikan. Banyak energi yang terbuang dengan berita bohong, bahkan kita hanya fokus menyelesaikan. Pada saat orang lain berlomba untuk menemukan sesuatu yang bermanfaat, kita sibuk untuk mengklarifikasi kebenaran suatu informasi.

Manfaatkanlah energi baik kita untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. HOAX hanya bisa dilawan dengan dua hal yaitu pertama jika kita tidak menyebarkannya dan kedua kita membuat tulisan yang bermanfaat. Bagaimanapun diantara kehausan masyarakat akan informasi, kita semua membutuhkan informasi yang benar, baik dan bermanfaat. Jika tidak ada yang mengisinya, maka berita Hoax yang akan menggantikan.

Sekali lagi, mari menulis dan mempublikasi informasi yang benar, baik dan bermanfaat. Semoga berkenan adanya. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: