Prioritas Belajar dan Bekerja

26 12 2016

Diantara banyak hal yang kita bisa pelajari dan lakukan, pastinya ada skala prioritas yang harus kita pelajari. Memilih ilmu yang bermanfaat secara seimbang antara jangka pendek dan jangka panjang. Bagaimanapun saya tetap memegang prinsip ilmu itu bermanfaat jika digunakan atau dibagi kepada orang lain.

Cobalah evaluasi, apa saja yang telah kita pelajari dalam satu tahun terakhir. Mana yang bermanfaat seketika dan mana yang bermanfaat untuk beberapa tahun yang akan datang. Bahkan mana yang kita tidak tahu manfaatnya dan berharap suatu saat berguna.

Ada kalanya pada saat kita membantu seseorang dan hasilnya kita dapatkan secara tidak langsung dari ilmu yang kita pelajari. Pernah saya membantu seseorang membuat aplikasi persediaan penjualan dan tahu bagaimana mekanisme kerja penjualan. Begitu juga pernah membuat aplikasi transaksi perbankan dan tahu bagaimana pembukuan transaksi.

Hasilnya pada saat punya perusahaan sendiri, terasa bahwa beberapa aplikasi yang pernah dibuat membantu memahami proses kerja. Pola belajar yang dilakukan beberapa tahun yang lalu, hanya atas dasar masalah yang sedang dihadapi, ternyata memberikan manfaat yang besar saat ini.

Saat ini banyak sekali informasi yang tersedia di internet, kita hanya perlu menjelajah dan menemukan yang ingin kita temukan. Pada saat kita mencari, ada kalanya yang kita cari tidak ketemu, dan diketemukan hal lain. Distorsi dalam belajar dalam keterbukaan informasi sangat mungkin terjadi.

Padahal kita berhadapan dengan berbagai masalah yang kita harus selesaikan dengan cepat. Ada kalanya kita tidak sempat belajar lagi, maunya selesai dengan seketika. Pada saat itulah kita menempuh cara cepat dengan mendatangkan pelatih, pembimbing bahkan konsultan. Yang memberikan arah terhadap pencapaian hasil yang kita inginkan.

Pada prinsipnya ada skala prioritas dalam menyelesaikan sesuatu dengan pola belajar yang kita lakukan. Jika kita selalu berhadapan dengan masalah dengan prioritas yang tinggi, maka kita akan belajar untuk menghadapi masalah. Pengulangan-pengulangan yang sama membuat kita menjadi berpengalaman bahkan menjadi ahli atas suatu permasalahan.

Belajar dengan teori atau belajar dengan praktek atau dengan kombinasi keduanya, mana yang membuat kita lebih cepat menjadi mahir. Bagaimanapun kita harus punya skala prioritas dan bekerja membuat kita belajar sesuatu. Setiap pola bekerja kita menunjukkan cara kita menetapkan prioritas yang kita ingin pelajari.

Jelang tahun anggaran baru, mari evaluasi yang sudah kita pelajari dan menetapkan apa yang akan kita pelajari. Semoga bermanfaat adanya. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: