Customer Experience ala Tukang Cukur

23 12 2016

Langganan tukang cukur ini berasal dari Garut, kota yang terkenal dengan dodolnya. Merantau ke Jakarta bersama teman-temannya dengan harapan kehidupan yang lebih baik. Pengalaman mencukur temannya menjadi modal untuk bekerja.

Setelah sekian tahun bekerja untuk orang lain, kabarnya ia memutuskan merintis bisnis sendiri. Tentunya dalam bidang yang selama ini digelutinya yaitu cukur rambut pria. Baru-baru ini tempat usahanya sudah habis kontrak, maka ia mencari tempat yang baru. Beruntung mendapatkan lokasi yang dekat dengan tempat sebelumnya.

Tempat yang lama ditinggalkan dan pindah ke tempat yang lebih baik, dengan harapan pelanggan lebih banyak. Walaupun ia pindah ke tempat yang lebih baik, ia tetap menetapkan harga yang sama dengan sebelumnya. Ia tidak mau ditinggalkan pelanggan hanya karena harga yang lebih mahal.

Jika dihitung berapa pendapatannya, maka dapat diperhatikan dari jumlah kepala yang ditangani. Sekali waktu iseng saya lihat berapa yang ditangani dalam 1 jam kerja, ternyata ada sekitar 4-5 kepala. Artinya jika tarifnya 25 ribu per kepala, ia mendapatkan 100-125 ribu per jam. Jika setiap hari ia buka usahanya dari jam 8:00 sampai dengan jam 21:00, maka ada 13 jam sehari.

Jadi sekitar 1,3 juta per hari untuk setiap tukang cukup. Ia menggunakan 3 tukang cukur termasuk dirinya sendiri, sehingga memperoleh 3,9 juta per hari. Jika tempat tersebut ramai selama 20 hari, maka ia mendapatkan sekitar 80 juta sebulan. Cukup buat bayar tenaga kerja, sewa ruangan, biaya listrik, biaya cuci dan pemeliharaan peralatan.

Yang jelas ia bisa berkembang dengan usahanya dan saya menjadi salah satu pelanggan tetapnya. Biasanya jika ramai, saya cukup sabar menunggu. Disamping cara menangani pelanggan, ia juga cukup kreatif dan komunikatif dengan pelanggan. Selama menunggu dalam ruangan yang dingin, pelanggan juga disuguhi acara TV atau film. Bahkan kopi susu jahe tak ketinggalan bagi yang menginginkan.

Suatu pengalaman pelanggan yang patut untuk dibagi. Sesekali mampir ditempatnya di Jalan Delima Perumnas Klender. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: