Keinginan Membantu

11 12 2016

Pelatihan pelayanan contact center bagi disabilitas oleh Evi Riawati

Walaupun kita diberikan kekuatan yang sangat besar membantu semua orang yang punya masalah, yakinlah kita akan punya masalah kita sendiri. Kita tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan orang, dan jika kita menyadarinya, maka kita mulai dengan menyelesaikan masalah kita sendiri-sendiri.
Lah, jadinya kembali pada masalah masing-masing, akhirnya menjadi kepentingan Individu. Jika semua fokus pada diri sendiri, maka siapa yang mau membantu orang lain. Artinya diantara semua masalah yang kita hadapi, kita juga perlu menjadi bagian dalam menyelesaikan orang lain. Berharap dengan menyelesaikan masalah orang lain kita bisa memecahkan masalah kita sendiri.
Dalam salah satu sesi pelatihan bagi calon tenaga kerja contat center, saya perhatikan bahwa ada semangat untuk saling membantu orang lain. Khususnya bagi mereka yang menghadapi kondisi yang tidak sempurna, mereka ada keinginan untuk bekerja dan mandiri. Semangat untuk melatih mereka dan memberikan bekal bagi kemandirian mereka, merupakan suatu hal yang patut dihargai.
Sebagai pekerja yang berhubungan dengan interaksi dengan orang lain, agent contact center berhadapan dengan banyak permasalahan orang lain. Berbahagia diberikan kesempatan dan kemampuan untuk bisa membantu orang lain menyelesaikan masalahnya. Berbahagia bahwa dalam tugas masih diberikan kesempatan membantu orang lain. Bagaimanapun tidak semua orang yang bekerja memahami bahwa dalam setiap tugas yang dikerjakannya, sedang membantu orang lain.
Apakah kita repot karena membantu orang lain ? Pastinya ada biaya, tenaga, pikiran dan berbagai sumber daya yang kita miliki dibagi untuk orang lain. Kerepotan berbalas kebahagiaan tentunya akan membuat energi positif untuk melakukan banyak hal untuk orang lain.
Jika anda menganggap sebagai beban, maka tergantung pada cara kita bertindak. Bisa dengan membatasi keinginan untuk membantu atau bertindak dengan lebih tulus dalam mewujudkannya. Nah, Apakah anda bangun pagi ini dengan sebuah keinginan untuk membantu orang lain ? 
Bagaimanapun diantara semua keinginan kita untuk membantu orang lain, itu merupakan salah satu masalah terbesar kita. Semoga berkenan adanya. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: