Tips Memberikan Sambutan

4 12 2016


Jika kita dipercaya sebagai pimpinan pada suatu oraganisasi atau perusahaan, maka salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah memberikan sambutan. Tak peduli kita siap atau tidak, kita sebagai pimpinan harus bisa memberikan sambutan, jika diminta. Terkadang bersifat undangan resmi yang terjadwal, namun bisa juga dadakan bahkan tidak ada dalam agenda.
Dalam berbagai kesempatan biasanya menyusun konsep sambutan lebih terstruktur, namun lebih kaku dalam membawakannya. Jika dibawakan secara spontan, maka yang disampaikan tanpa struktur dan ada hal-hal yang terlupakan. Seperti yang saya lakukan pada acara APCCAL, jika tahun 2015 menggunakan sambutan yang sudah tersusun rapi, maka tahun 2016 tidak ada konsep, langsung memberikan sambutan sesuai apa yang ada di kepala.

Beberapa tips yang bisa digunakan sebagai acuan dalam memberikan sambutan secara spontan adalah :

  • Mulailah dengan sentum dan menyapa peserta serta tegakkan kepala dan pandanglah seisi ruangan.
  • Sampaikan terima kasih, baik kepada peserta atas kehadiran dan partisipasinya, maupun kepada Yang Mahakuasa sesuai dengan keyakinan Anda.
  • Mulailah dengan sesuatu yang menggembirakan atau sesuatu yang sedang menjadi perhatian, sehingga menarik minat pendengar. Usahakan pendengar atau peserta bisa diam dan menyimak kata-kata yang anda ucapkan.
  • Sampaikan alasan kenapa acara ini dilaksanakan atau alasan kenapa peserta harus memberikan perhatian pada kegiatan yang sedang berlangsung. Berikan poin penting yang bisa dijadikan manfaat dan jangan lupa berikan jeda dalam setiap poin penting, sehingga pendengar bisa menyimak dengan baik.
  • Tunjukkan harapan yang dapat digunakan sebagai acuan peserta untuk membangun kesamaan harapan atas kehadirannya pada acara atau kegiatan tersebut.
  • Berikan penutup dengan mengucapkan kata yang memberikan tekanan sebagai semangat untuk tetap konsentrasi pada rangkaian acara selanjutnya.

Demikian tips pagi ini, selamat mencoba dan semoga berhasil. Bagaimanapun sebagai pemimpin kita harus memberikan arahan terhadap tujuan yang ingin dicapai. (AA)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: